Saturday, June 13, 2015

Green Box #2: Jejaring Pangan Lokal

Bayangkan jika tahu asal usul makananmu.
Bayangkan jika konsumen juga produsen, dan tetanggamu menanam sayur yang kita makan siang ini.

Pangan adalah kebutuhan primer setiap orang, di mana pun. Tapi kondisi saat ini, banyak orang yang abai terhadap asal usul menu yang tersaji di meja makan. Ketidakpedulian masyarakat terhadap proses sampainya bahan pangan ke meja makan telah mengakibatkan simpang siur distribusi pangan. Produsen pangan dan konsumen sama-sama dirugikan atas inefisiensi distribusi pangan.

Jejaring Pangan Lokal (local food network) diperlukan untuk memetakan sumber-sumber bahan pangan dan menghubungkannya langsung kepada konsumen. Transparansi adalah aspek yang dijunjung tinggi. Koperasi pangan (food co-op) "Panganmu, Panganku" sebagai lumbung pangan lokal adalah sistem yang akan diadopsi sebagai pelembagaan jejaring. Inti dari jejaring pangan lokal adalah pengelolaan (manajemen) sumber daya manusia sebagai sesama konsumen, dan/atau produsen pangan. Jejaring Pangan Lokal berusaha memberi solusi bagi petani dan pelaku produksi pangan dalam lingkup lokal tentang cara memasarkan produk pangan. Di saat bersamaan juga berusaha meyakinkan masyarakat tentang ketersediaan pangan di lingkup terdekatnya.

Kegiatan utama Jejaring Pangan Lokal ada tiga, yang pertama adalah Plesir Pangan. Kami mengajak masyarakat untuk mengunjungi simpul-simpul pangan untuk lebih mengenal asal usul dan proses produksi pangan. Yang kedua adalah Tenggok Pangan. Konsep arisan "food box" adalah cara yang menyenangkan untuk memperkenalkan pangan lokal kepada masyarakat. Yang terakhir adalah SEGI PAPAT, sebuah forum yang mempertemukan pelaku-pelaku di bidang pangan, akademisi, dan masyarakat luas. Tujuannya adalah untuk membangun pengetahuan bersama tentang solusi-solusi atas permasalahan pangan kekinian.

Jejaring Pangan Lokal berusaha mendorong terwujudnya kedaulatan pangan dengan memupuk kekerabatan. Lebih dekat, lebih sedap, lebih sehat.

Temui dan dukung aktivitas teman-teman
Jejaring Pangan Lokal

di Karya Taman Budaya di ART|JOG|8

14-21 Juni 2015
10.00 - 22.00

Info | Mimit 0897-1963-624

No comments:

Post a Comment