Saturday, June 06, 2015

GALERI NGINJEN

Galeri Nginjen (GANJEN) adalah instalasi ruang pamer yang dibuat oleh indieguerillas sebagai bagian dari commission work untuk ART|JOG|8 tahun ini.  GANJEN menawarkan alternatif baru mengenai konsep spasial sebuah galeri. Ruang pamer tidak harus luas, statis dan bersih—bagi indieguerillas, karya dapat dipresentasikan di mana pun, dinamis, tidak melulu rapi serta menonjolkan kesan eksklusif. 
Berbeda dari galeri kebanyakan yang memungkinkan audiens berjalan berkeliling galeri dan melihat secara penuh karya yang ada, di GANJEN, audiens akan duduk mengintip dari celah dinding bagian luar karena dinding bagian dalamlah yang akan berputar. Dinding bagian dalam tersebut mempunyai 8 sisi yang berfungsi sebagai tempat memajang karya seniman-seniman muda. Saat audiens duduk dan mengintip, mereka harus memutar kemudi sehingga kedelapan sisi dengan karya-karya tersebut bisa terlihat dengan baik. Struktur bangunan galeri memungkinkan audiens menikmati karya secara personal. Namun,  pada saat yang sama audiens juga membutuhkan kerjasama dengan audiens yang lain agar dapat melihat semua karya yang dipamerkan.

Sepanjang penyelenggaraan ART|JOG|8 (6 Juni – 28 Juni 2015), GANJEN mengadakan 5 kali pameran dengan mengundang seniman-seniman muda dari Yogyakarta, Semarang dan Bandung. Pameran-pameran tersebut digagas dan dikoordinasikan bersama teman-teman dari ketjilbergerak. Seniman-seniman muda tersebut diundang untuk merespon ruang GANJEN di bawah tema utama: Together We are Lonely




No comments:

Post a Comment